Alex Nurdin: Percuma SPP Gratis

Dukungan terhadap pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono terus mengalir. Kali ini ormas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DKI Jakarta menyatakan siap mengantar pasangan nomor urut enam itu untuk memenangkan pemilihan umum kepada daerah (pilkada) DKI yang akan digelar 11 Juli mendatang.

Alex Noerdin sendiri pada pelaksanaan hari ketujuh kampanye pilkada, Sabtu (30/6), melakukan silaturahmi dengan keluarga besar LDII di beberapa wilayah Jakarta. Gubernur Sumatera Selatan itu dalam kesempatan tersebut menjelaskan mengenai program dan alasannya maju dalam pilkada DKI kali ini.

“Saya diminta untuk maju. Selain itu, banyak yang mengatakan program saya tidak realistis. Padahal, apa yang saya katakan sebenarnya sudah lama saya lakukan sejak menjabat Bupati Muba 10 tahun lalu,” katanya. Ketua DPD Golkar Sumsel ini mencontohkan program berobat gratis dan sekolah gratis yang langsung diterapkannya seminggu setelah dilantik menjadi Bupati Muba.

“Musuh terbesar kita adalah kemiskinan dan kebodohan. Karena itu, untuk mengubahnya, anak-anak harus mendapat jaminan pendidikan gratis yang sebenarnya. Percuma jika sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) tidak bayar, namun masih dipungut uang buku, uang gedung, dan sebagainya. Saya percaya doa saudara saya yang kurang beruntung tersebut adalah bagaimana caranya agar nasib anak-anak mereka bisa lebih baik lagi. Karena itu, mereka harus tetap sekolah,” tuturnya.

Selain sekolah gratis, kebutuhan utama lainnya yang sekarang harus mendapat perhatian penting di Ibu Kota adalah kesehatan gratis. “Saya sedih mendengar rakyat miskin harus bersusah payah mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. SKTM justru menjadi hal yang memberatkan. Ke depan, hal ini tidak boleh terulang lagi,” katanya.

Mantan ketua bupati se-Indonesia ini menjelaskan bahwa selama ini pelaksanaan kesehatan berobat gratis di Sumsel setiap tahunnya sudah membantu ratusan pasien dari kalangan masyarakat miskin.

“Jika penyakitnya tidak bisa diobati di puskesmas, maka akan dirujuk ke RS kabupaten. Jika belum sembuh, akan diteruskan ke RS daerah. Apabila masih belum sembuh juga, pilihan terakhir adalah diterbangkan ke RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, atau apabila penyakitnya adalah jantung, maka dirujuk ke RS Jantung Harapan Kita,” katanya.

Alex optimistis, berbekal pengalaman itu, hal serupa dapat dilaksanakannya apabila terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Secara topografi dan letak geografis, wilayah Sumsel lebih luas dan sulit dijangkau. Belum lagi dukungan dana APBD Sumsel yang kalah apabila dibanding Jakarta. Namun kami terbukti mampu dan sukses melaksanakan dua program yang sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, sejak pagi ratusan anggota LDII sudah antusias menunggu kehadiran Alex yang kemarin didampingi Suharso, mantan Menteri Perumahan Rakyat, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), salah satu partai yang mengusung Alex Noerdin-Nono Sampono dalam pilkada Jakarta tahun ini.

Ketua LDII wilayah Jakarta Barat, Rusdi, SAg, mengaku cukup mengenal sosok Alex Noerdin yang dinilainya sangat berhasil membangun Sumsel. “Beliau juga dekat dan selalu pasang badan untuk LDII. Karena itu, sejak pagi ratusan anggota kami dari seluruh Jakarta Barat sudah setia menunggu untuk mendengar langsung paparannya. Sekarang kami sudah yakin dan bersiap membantunya memenangi pilkada nanti,” ujarnya.

Sebelum mengunjungi wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, rombongan Alex Noerdin sebelumnya juga bersilaturahmi dengan anggota LDII di wilayah Tugu Utara, Jakarta Utara, dan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dan diakhiri dengan kunjungan ke daerah Cibubur, Jakarta Timur.