Buka Puasa Dengan Kurma dan Air Kelapa Segar

Tak sedikit dari kita yang merasakan perut kembung atau perih setelah berbuka puasa. Rasa yang membuat perut tak nyaman itu, umumnya disebabkan karena adanya maag, gangguan pencernaan lainnya atau pilihan makanan yang kurang tepat.

Setelah seharian tidak diisi makanan, lambung memang lebih rentan mengalami gangguan. Agar perut tetap nyaman saat berbuka puasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan, air kelapa murni, kurma serta buah-buahan lainnya merupakan makanan dan minuman paling ideal untuk berbuka puasa. Air kelapa kaya akan elektrolit yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Makanan atau minuman manis juga baik untuk berbuka puasa, hanya saja gunakan gula aren atau madu sebagai pemanis, jangan gula pasir ataugula diet yang mengandung aspartan. Personal trainer sekaligus konsultan nutrisi dan kesehatan Dionisius Henry juga menyarankan untuk berbuka dengan makanan manis yang sifatnya cepat serap.

“Teh manis bisa menaikkan gula darah secara cepat, konsumsilah makanan ringan jangan langsung yang berat. Minum susu juga boleh,” tutur Henry kepada wolipop.

Setelah membatalkan puasa dengan sesuatu yang manis, istirahatkan dulu lambung Anda (dengan tidak makan atau minum) selama 30 menit. Baru diperbolehkan makan nasi lengkap dengan lauk pauknya.

“Makannya juga sebaiknya nasi merah dan jangan gorengan karena nanti cepat ngantuk,” tambah dr. Phaidon.

Bagi penderita maag, dokter lulusan Universitas Padjajaran ini menyarankan untuk berbuka puasa dengan minum jus melon. Setelah itu, bisa mengonsumsi kurma atau buah segar karena mengandung gula alami yang aman bagi tubuh.