Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Di Pot

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Di Pot – Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tanaman mawar yang sudah besar atau siap tanam adalah dengan mendatangi langsung petani atau pun tukang tanaman di kota Anda. Tidak hanya melayani pembelian tanaman saja, mereka ini juga dapat memberikan beberapa informasi mengenai tanaman serta taman yang tentunya berguna bagi kita.

Sebenarnya sama seperti jenis tanaman pada umumnya, mawar juga memerlukan perhatian dan perawatan yang tidak jauh berbeda. Hal – hal sederhana seperti pemilihan lokasi tanam, akan sangat menentukan pertumbuhan tanaman Anda. Pilihlah lokasi yang akan mendapatkan sinar matahari pagi, mayoritas semua jenis tanaman sangat memerlukan pancaran sinar matahari pagi. Jangan lupa juga untuk mengecek tingkat kelembaban tanah Anda.

Paling tidak setiap seminggu sekali, Anda harus menyirami mawar ini agar tingkat kelembaban tanah dapat terjaga. Terlalu sering menyirami juga dapat berdampak buruk, karena resiko yang bisa terjadi yaitu pembusukan akar tanaman. Untuk pola penanaman dalam pot, harus juga diperhatikan pemindahan tanaman saat pagi dan sore hari. Sinar matahari yang terlalu terik dan panas pada siang hari, seringkali menyebabkan daun – daun tanaman di taman Anda menjadi kering.

Menanam mawar relatif mudah serta perawatannya agar tidak layu hanya butuh sedikit ketelatenan.

Penanaman

  1.  Gunakanlah pot dari tanah liat, tembikar atau semen cor. Pot dari plastik tidak berpori dan lembab sehingga akar mudah busuk dan suplai oksigen kurang.
  2. Perbandingan Media tanam 1:1:1/4 antara tanah, pupuk kandang dan pasir halus.
  3. Bungkuslah terlebih dulu media tanam agar mikroorganisme pembusuk mati dan mawar terbebas dari penyakit.
  4. Siapkan potongan batu bata atau batu kecil di dasar pot agar kelebihan air siraman dapat segera keluar.
  5. Pemotongan akar dan penggantian media tanam setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh sehat dan subur.

Bila Anda merawat Mawar Potong dengan penuh kasih sayang maka bisa berumur diatas 10 tahun dan berbunga sepanjang tahun.

Perawatan

  1. Berilah asam benzoat pada air agar bakteri mati dan pembusukan dapat diperlambat.
  2. Bila perlu tambahkan 3 tetes cairan pemutih kain per 1 liter air.
  3. Agar kesegarannya tahan lama, tambahkan 1 sdt gula pada 1 liter air perendam. Atau carilah nutrisi khusus bunga potong di toko bunga.
  4. Turunkah air pada pH ideal dengan menambahkan asam sitrat 200mg per 1 liter air agar tidak menimbulkan dehidrasi.
  5. Pergunakan vas dari kaca, keramik atau plastik dan hindari penggunaan vas bunga yang terbuat dari logam karena logam mengandung ethylene dan biasanya bunga sensitif terhadap kandungan tersebut.
  6. Agar serapan air bisa optimal, anda harus memotong pangkal batang menyerong sehingga didapatkan penampang batang lebih besar. Dengan cara ini maka batang potong lebih optimal untuk menyerap air.
  7.  Potong daun yang anda anggap tidak perlu sehingga pemasukan makanan bisa mencukupi.

Bakteri pembusuk bisa berkembang biak dan menyumbat saluran vaskuler yang menyebabkan bunga potong cepat layu. Atasilah dengan perawatan diatas.