Cara Mudah Membuat Akuarium Sendiri

Cara Mudah Membuat Akuarium Sendiri – Anda Penggemar Akuarium? Atau senang melihat akuarium? Entah anda menyukai Akuarium air laut atau model aquascape, kini dengan artikel cara membuat akuarium dibawah ini anda dapat membuat akuarium sendiri. Dalam membuat akuarium kaca sangat bergantung pada desain yang akan buat. Bentuk akuarium yang biasa kita lihat biasanya dalam bentuk akuarium segiempat, akuarium trapesium, akuarium segi-delapan, akuarium segi-enam, akuarium botol dan akuarium ellips.

Setelah merencanakan bentuk akuarium kaca yang akan dibuat, langkah selanjutnya menentukan ukuran kaca yang akan dipergunakan untuk membuat akuarium. Ukuran kaca yang akan digunakan biasanya berkisar antara 3 mm hingga 16 mm. Sebagai acuan dalam membuat akuarium, anda bisa lihat daftar ukuran kaca yang akan digunakan dalam pembuatan akuarium dibawah ini:

Tebal kaca (mm) 3, Panjang akuarium (cm) 30, Lebar akuarium (cm) 20, Tinggi akuarium (cm) 20

Tebal kaca (mm) 3, Panjang akuarium (cm) 30, Lebar akuarium (cm) 20, Tinggi akuarium (cm) 20

Tebal kaca (mm) 3, Panjang akuarium (cm) 40, Lebar akuarium (cm) 20, Tinggi akuarium (cm) 30

Tebal kaca (mm) 5, Panjang akuarium (cm) 50, Lebar akuarium (cm) 30, Tinggi akuarium (cm) 30

Tebal kaca (mm) 5, Panjang akuarium (cm) 70, Lebar akuarium (cm) 35, Tinggi akuarium (cm) 35

Tebal kaca (mm) 5, Panjang akuarium (cm) 80, Lebar akuarium (cm) 40, Tinggi akuarium (cm) 40

Atau anda bisa menyesuaikan selera tabel diatas hanya sebagai panduan anda dalam menentukan ukuran kaca, tapi tidak menutup kemungkinan bisa juga di sesuaikan kondisi di ruang rumah anda. Setelah menentukan bentuk dan ukuran kaca yang akan dipergunakan untuk membuat akuarium maka langkah selanjutnya adalah memotong kaca. Kaca yang dipergunakan untuk membuat akuarium masih dalam bentuk lembaran kaca.

Proses Perakitan Akuarium

Dalam membuat akuarium, ada beberapa hal yang harus dikuasai agar akuarium yang dibuat tidak bocor dan tahan lama, yaitu dengan; merancang/mendesain akuarium, memotong kaca, merakit akuarium dan melakukan uji coba terhadap akuarium tersebut.

 Alat dan bahan :

Kaca Sebagai bahan dalam pembuatan.

Penjepit kertas sebagai alat untuk menjepit antara potongan kaca yang kecil

Pemotong kaca sebagai alat pemotong kaca

Lem kaca / Sealant, ini merupakan lem khusus kaca  agar kaca daat melekat dengan baik dan tidak bocor.

Alat tembak lem silicon, berfungsi untuk memudahkan pembuat akuarium dalam merakit akuarium.

Lakban, yang digunakan dalam merakit akuarium sebaiknya lakban plastik yang berwarna coklat atau hitam. Lakban ini berfungsi untuk membantu berdirinya kaca dengan kaca lainnya agar tidak bergeser yang memudahkan dalam pemberian lem kaca.

beberapa dalam memotong kaca antara lain adalah : Letakkan lembaran kaca pada meja kerja, meja kerja harus dalam keadaan datar dan bersih. Hal ini untuk menghindari terjadinya keretakan kaca yang akan dipergunakan.

Ukuran kaca yang akan dipotong ini disesuaikan dengan bentuk akuarium yang akan dibuat. Dalam membuat potongan-potongan kaca, lembaran kaca dibuat polanya terlebih dahulu dengan menggunakan spidol dan penggaris besi. Pola yang sudah dibentuk dapat langsung dipotong.

Untuk memotong kaca gunakan alat pemotong kaca baik dan tajam.

Setelah kaca terpotong, bagian pinggir dari potongan-potongan kaca harus dihaluskan dengan gerinda atau batu asahan karborondum.

Kaca yang akan dirakit menjadi akuarium ini sudah dalam bentuk potongan-potongan kaca yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran akuarium yang akan dibuat. Sebelum dirakit kaca-kaca tersebut sebaiknya dilakukan penggosokan dengan menggunakan batu asahan karborundum atau gerinda, hal ini bertujuan agar akuarium yang dibuat tidak berbahaya bagi pemakainya. Kaca-kaca yang telah dihaluskan seluruh bagian pinggirnya dengan gerinda ini telah siap untuk dirakit

Tahap Pembuatan Akuarium Kaca :

Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan

Memotong lembaran kaca sesuai dengan keingingan. Gosok tepi-tepi potongan kaca tersebut dengan batu asahan atau gurinda untuk menghaluskan pinggiran kaca yang tajam.

Menghaluskan ujung kaca dengan cara potongan kaca. Selanjutnya permukaan kaca tersebut, terutama bidang permukaan yang akan direkat dibersihkan dari berbagai kotoran.

Menempelkan lem kaca (lem silicon) pada bidang pertemuan potongan kaca.lem kaca.

Bila lem sudah terpasang dengan baik kaca bagian sisi kecil bias diasang.

Kedua sisi lainnya selanjutnya bisa dipasang.

Setelah semua kaca menempel, jaga posisi mereka dengan menggunakan plester. Biarkan dalam kondisi demikian hingga lem mengering

Setelah bagian dalam sambungan antar kaca perlu dilapisi dengan lem, untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebocoran akibat perekatan yang tidak sempurna sebelumnya. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar hasil akhirnya rapi tetapi kuat.

Bila diperlukan, bagian dalam dan atas kaca bisa diperkuat dengan potongan kaca sedemikian rupa. Kaca penguat ini bisa juga berfungsi sebagai dekorasi

Pada saat menempelkan lem silicon ke kaca sebaiknya ketebalan lem pada seluruh permukaan kaca sama. Hal ini akan membuat ketebalan lem sama pada setiap sudut . Setelah seluruh kaca terakit menjadi akuarium, langkah selanjutnya adalah mengeringkan akuarium tersebut minimal selama 24 jam agar lem silikon tersebut benar-benar kering.

Langkah terakhir dalam merakit akuarium adalah melakukan uji coba terhadap akuarium tersebut. Ujicoba tersebut dilakukan dengan mengisi air ke dalam akuarium selama 24 jam dan perhatikan apakah ada bagian yang bocor. Nah setelah semua tahap telah di lalui sekarang kita bisa menentukan pilihan ikan hias yang pantas untuk menghiasi ruang rumah anda.