Daftar Pemain Timnas Indonesia

Akhirnya Ambisi PSSI-KLB pimpinan La Nyalla Mattalitti menjadikan daftar pemain timnas indonesia senior bentukannya untuk tampil di putaran final AFF Suzuki Cup 2012 kandas setelah federasi sepakbola ASEAN (AFF) memutuskan bahwa tim yang berhak berlaga di turnamen dua tahunan itu adalah timnas senior PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husein.

Keputusan itu dikeluarkan dalam rapat dewan AFF di Yangon, Myanmar, kemarin. Dalam rapat tersebut, dewan AFF mendengarkan masukan yang disampaikan PSSI Djohar mengenai perkembangan dualisme tim nasional.

Deputi kompetisi AFF Tran Quoc Tuan mengatakan, dalam pertemuan itu dibahas mengenai menjaga stabilitas, persatuan dan solidaritas di antara stakeholder sepakbola Indonesia.

“Asosiasi sepakbola Indonesia [PSSI] telah mendapatkan pengakuan legitimasi organisasi dari FIFA dan AFC. Tim nasional yang dikelola PSSI mempunyai hal untuk mewakili negara mengikuti turnamen di bawah FIFA, AFC, dan AFF,” ujar Quoc Tuan, yang juga menjabat anggota tetap dewan AFC, dilansir Bongda Plus.

“Setelah mendengarkan keterangan terkini dari asosiasi sepakbola Indonesia, dewan AFF memberikan dukungan terhadap organisasi ini. Artinya, yang mewakili Indonesia di AFF Suzuki Cup adalah tim nasional yang dikelola asosiasi sepakbola nasional. Itu artinya tim yang sekarang ada di Vietnam.”

Sementara itu Timnas Senior Indonesia versi Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) La Nyalla Mattalitti belum menyerah dan telah merilis 28 pemain yang dipersiapkan untuk berlaga di Piala AFF 2012, November-Desember, Malaysia dan Thailand.

Pelatih Timnas Senior Indonesia versi KPSI, Alferd Riedl, dan Direktur Teknik, Benny Dollo, awalnya berencana mengumumkan daftar nama pemain yang mengisi skuad timnas indonesia di Piala AFF 2012 minggu lalu. Tetapi kemudian pengumuman itu ditunda karena manajemen Timnas KPSI ingin bersamaan mengumumkan skuad timnas, sekaligus jumpa pers program timnas selama pemusatan latihan nanti.

Direktur Media KPSI, Azwan Karim mengatakan, Timnas asuhan Alferd Riedl akan berkumpul di Jakarta pada 5 September 2012 untuk menghadiri acara gala dinner sekaligus dilanjutkan dengan acara jumpa pers. “Keesokan harinya pemain dan staf pelatih berangkat ke Malang untuk menjalani Training Camp di Argo Wisata Kusuma, Batu, Malang, Jawa Timur,”ujarnya dalam rilis yang diterima wartawan.

Penjaga Gawang:

Kurnia Mega (Arema Indonesia)
Ferry Rotinsulu (Sriwijaya FC)
I Made Wirawan (Persiba Balikpapan)
Choirul Huda (Persela Lamongan)
Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

Pemain Belakang:

M. Ridwan (Sriwijaya FC)
Hasim Kipuw (Persija Jakarta)
Supardi (Sriwijaya FC)
Achmad Jufrianto (Sriwijaya FC)
Zulkifli Syukur (Persib Bandung)
M. Nasuha (Persib Bandung)
Ruben Karel Sanadi (Pelita Jaya)
Jajang Sukmara (Persib Bandung)
Hamka Hamzah (Mitra Kukar)
Victor Igbonefo (Pelita Jaya)
Ricardo Salampessy (Persipura Jayapura)
Yohanes Tjoi (Persipura Jayapura)
M Robby (Persisam Samarinda)
Beny Wahyudi (Deltras Sidoarjo)

Pemain Tengah:

Firman Utina (Sriwijaya FC)
Ramdhani Lestaluhu (Persija Jakarta)
M. Ilham (Persib Bandung)
Ponaryo Astaman (Sriwijaya FC)
Arif Aryanto (Arema Indonesia)
I Gede Sukadana (Persela Lamongan)
Egi Melgiansyah (Pelita Jaya)
Dendi Santoso (Arema Indonesia)
Arif Suyono (Mitra Kukar)
Asri Akbar (Persiba Balikpapan)
Imanuel Wanggai (Persipura Jayapura)
Ahmad Bustomi (Mitra Kukar)
Eka Ramdani (Persisam Samarinda)
Ian Louis Kabes (Persipura Jayapura)

Pemain Depan:

Greg Nwokolo (Pelita Jaya)
Bambang Pamungkas (Persija Jakarta)
Jajang Mulyana (Mitra Kukar)
Zulham Zamrun (Mitra Kukar)
Yohanes Pahabol (Persidafon Dafonsoro)
Titus Bonai (Persipura Jayapura)
Christian Gonzalez (Persisam Samarinda)
Patrich Wanggai (Persidafon Dafonsoro)
Saddam Hussain (PS Sumba Barat)