Daftar Tempat Wisata Favorit Di Sail Morotai

Daftar Tempat Wisata Favorit Di Sail Morotai – Fasilitas obyek wisata Pulau Dodola di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) tak terurus akibat kurangnya perhatian Pemkab setempat dalam menjaga dan melestarikan fasilitas tersebut. “Pulau Dodola merupakan salah satu obyek wisata di Pulau Morotai, sehingga dalam acara Sail Morotai akan dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi andalan bagi tamu-tamu yang akan datang

Pulau Dodola merupakan salah satu alasan mengapa para wisatawan datang berkunjung ke Morotai. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pantai berpasir putih yang sangat luas yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil. Di sini anda dapat menemukan pasir putih dengan dua tipe berbeda, kasar dan halus. Panorama alam sekitar dan airnya yang jernih sangat cocok untuk bersantai, berenang, memancing dan menyelam. Terdapat juga pulau-pulau lain di sekitar Dodola yang dapat anda jelajahi.

Selain keindahan alamnya, Dodola juga menyimpan banyak kenangan sejarah Perang Dunia II. Menurut para saksi sejarah, dahulu tempat ini sering dikunjungi Jendral McArthur dan pasukannya untuk berwisata. Pulau Dodola berjarak hanya 5 mil dari Daruba, ibukota Kecamatan Morotai Selatan.
Bagaimana transportasi ke sana?
Dari Tobelo tersedia kapal penumpang 3x seminggu ke Daruba-Morotai. Dari pelabuhan Daruba perjalanan ke Dodola dapat dilakukan dengan menyewa speedboat ± 20 menit perjalanan.

Penting untuk diperhatikan!
Karena lokasinya yang saling berdekatan dengan Pulau Sumsum maka anda dapat merencanakan untuk mengunjungi kedua lokasi ini dalam sekali kesempatan.

PULAU KAKARA
Menelusuri perairan Maluku memang tak ada habisnya. Pantai di daerah ini begitu indah memikat hati. Semuanya menarik untuk dijadikan tempat rekomendasi. Salah satunya adalah Pulau Kakara, yang terletak di Halmahera Utara. Aroma laut begitu membayangi lubuk untuk segera berlabuh di sana. Semilir angin menambah sempurna kehadiran pantai nan eksotis ini. Dengan sendirinya, kaki anda pasti akan melangkah menelusuri keindahan pantai untuk dapat merasakan pasirnya yang putih.

Pulau Kakara penuh dengan puluhan spot keren untuk dijadikan objek. Apalagi bagi anda yang gemar dengan olahraga diving. Nuansa keindahan bawah laut menjadi titik paling dicari di sana. Yang menjadi keunikan lain di Pulau Kakara adalah bintang laut yang menaungi hampir seluruh wilayah ini. Selain itu, hadirnya gunung Dukono yang tampak dari kejauhan bisa terlihat dari sana. Wisata ini begitu komplit, dengan hadirnya Suku Tobelo asli di sekitarnya. Rumah adat dengan konstruksi yang masih asli menjadikan pesona lainnya di sana.

Pulau Kakara merupakan tempat asal-mula budaya Hibualamo Tobelo. Bagi anda penikmat wisata sejarah mampirlah ke pulau ini untuk melihat konstruksi asli rumah adat Hibualamo beserta perabotnya yang masih sangat lengkap. Rumah adat Hibualamo merupakan simbol dan pemersatu masyarakat Halmahera Utara. Menurut sejarah, penduduk Pulau Kakara dipercaya sebagai Suku Tobelo asli dan sangat terkenal sebagai penari Cakalele yang piawai.

Keunikan Kakara adalah banyaknya bintang laut yang banyak terdapat di perairan sekitar pantainya. Untuk snorkling, perairan di sekitar tanjung sebelah timur Kakara merupakan titik yang direkomendasikan.

Bagaimana transportasi ke sana?
Dari pelabuhan Tobelo dengan menyewa speedboat ± 15 menit perjalanan.

PULAU BOBALE

Bagi para penggemar olah raga selam, ada baiknya mengunjungi Maluku Utara. Selain terkenal dengan panorama laut yang memanjakan mata, dasar lautnya pun dihiasi taman indah.Salah satu destinasi wisata selam adalah Pulau Bobale. Pulau mungil berpasir putih itu digemari para penyelam karena taman lautnya yang memesona. Letak Bobale ada di Kabupaten Halmahera Utara, tak jauh di depan

Pulau Bobale adalah sebuah pulau kecil yang terletak tidak jauh di depan Desa Daru Kecamatan Kao. Pulau dengan hamparan pasir putih luas ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit para penyelam oleh karena taman lautnya yang menawan. Terumbu karang dan beragam biota laut dengan kedalaman 2-10 meter dapat ditemukan di perairan sekitar pulau ini.

Tercatat ada lebih dari satu titik selam yang berada di sekitar perairan pulau ini. Air laut di perairan Bobale sangat jernih sehingga sampai pada kedalaman 2 meter anda masih dapat melihat dasar laut dengan jelas. Di Pulau Bobale juga banyak ditemukan sisa-sisa peninggalan Jepang semasa Perang Dunia II. Bunker 3 ruangan berukuran sedang yang terletak di tebing pantai dapat dijumpai di pulau ini.

Sisa-sisa peninggalan Jepang semasa Perang Dunia II bisa dijumpai pada kawasannya. Misalnya bunker (sejenis bangunan pertahanan militer) 3 ruangan berukuran sedang yang terletak di tebing pantai.

Bagaimana transportasi ke sana?
Desa Daru di wilayah Kao (± 57 Km selatan Tobelo) adalah akses masuk ke Bobale. Dari pelabuhan Daru, Pulau Dodola hanya sekitar 20 menit dengan menyewa speedboat dari penduduk setempat.

Penting untuk diperhatikan!
Anda diminta untuk tidak berpijak di atas bunga karang apabila sedang menyelam. Apabila harus berpijak, carilah dasar pijakan yang tidak menyebabkan kerusakan pada bunga karang. Untuk kegiatan snorkeling dan menyelam anda harus membawa perlengkapan sendiri.

Saat melakukan penyelaman, Anda dilarang untuk berpijak diatas bunga karang. Carilah dasar pijakan yang tak mengakibatkan kerusakan pada bunga karang. Untuk kegiatan snorkeling dan penyelaman diwajibkan membawa perlengkapan sendiri.

Sumber:sailmorotai2012.com