Dana Rp 3,7 Triliun Untuk Sail Komodo

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta dana Rp 3,7 triliun kepada pemerintah pusat untuk mendukung pelaksanaan Sail Komodo, akhir tahun depan. “Dananya sudah kami usulkan ke pemerintah pusat,” kata Sekretaris Daerah NTT, Fransiskus Salem, kepada Tempo, Senin, 23 Juli 2012.

Menurut Fransiskus, dana sebesar itu untuk mendukung pembangunan berbagai infrastruktur di Pulau Komodo yang menjadi tujuan akhir dari Sail Komodo. Di antaranya perluasan Bandara Komodo, pelabuhan wisata, serta fasilitas wisata lainnya di pulau yang masuk tujuh keajaiban dunia tersebut.

Selain diusulkan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi NTT akan mengajukan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2012 senilai Rp 25 miliar dan APBD 2013 senilai Rp 50 miliar.

Selain itu seluruh Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota di NTT harus menganggarkan Rp 100 miliar dari APBD Perubahan tahun 2012 dan dari APBD tahun 2013 senilai Rp 125 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTT, Abraham Klakik, mengatakan pengajuan usulan dana Sail Komodo sebesar Rp 3,7 triliun terdistribusi di semua kementerian di tingkat pusat. Sebanyak Rp 1,4 triliun diharapkan bisa dimasukkan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan tahun 2012, dan Rp 2,3 triliun masuk dalam APBN tahun 2013. “Sukses-tidaknya Sail Komodo tergantung pada kesiapan semua sektor dalam menjalankan tupoksi (tugas pokok dan fungsinya) untuk mendukung acara ini,” ujarnya.

Abraham mengatakan bahwa pra-event pariwisata sebelum pelaksanaan Sail Komodo terus digelar selama tahun 2012. Tujuannya untuk memperkenalkan gaung Sail Komodo kepada publik. “Kami terus melakukan promosi Sail Komodo agar lebih dikenal hingga luar negeri,” ucapnya.