Data BPBD: Dinyatakan 40 Rumah Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Sukabumi

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi terus mendata jumlah kerusakan dan kemungkinan bertambahnya jumlah korban. Hingga pagi ini, rumah yang rusak akibat gempa kemarin sore berjumlah 40 rumah.

“Hingga pukul 06.00 WIB, terdata 40 rumah rusak,” ujar Kepala Pusah Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Selasa (5/6/2012).

Sutopo merinci, 40 rumah yang rusak tersebut terdiri dari 5 unit rumah ringan, 6 unit rusak berat, dan 29 unit rusak sedang.

Selain kerusakan rumah, terdapat dua korban luka. Kedua korban luka adalah warga Kampung Simpang Karet, Kecamatan Pabuaran, Sukabumi, yaitu Imaliyah (6) dan Fitri (12). Keduanya mengalami luka di kepala.

Seperti diketahui gempa berkekuatan 6.1 Skala Richter mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (4/6) pukul 18.18 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 24 kilometer dan berjarak 121 Km dari Sukabumi.

Keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lokasi pasti gempa ada di titik 7.99 LS-106.19 BT. Tidak ada potensi tsunami akibat gempa ini. Gempa yang cukup besar ini terasa hingga ke beberapa daerah. Informasi yang dikumpulkan detikcom beberapa daerah yang merasakan goyangan akibat gempa adalah Sukabumi, Jakarta, Bogor, dan Bandung.