Festival Budaya Islam Loano 2012 Digelar

Sebanyak 14 grup rebana unjuk kemampuan dalam Festival Budaya Islam Loano 2012 di Aula Balai Desa Loano/Kecamatan Loano, Rabu (4/7). Peserta berlomba menampilkan yang terbaik membawakan lagu-lagu rohani.

Lomba diikuti grup hadroh dari Desa Loano, Maron, Tegalrejo, Banyuasin Kembaran, Sedayu, Kalikalong, Karangrejo (Kecamatan Loano), Nglaris dan Kedung Loteng (Bener) serta Baledono Purworejo. Selain seni musik Islam itu, penyelenggara dari Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Loano 1 dan 2 juga menggelar lomba shalawat arab, cerdas cermat, pidato bahasa jawa serta seni pertunjukan untuk anak SD.

Koordinator FKPAI Kecamatan Loano Muhammad Dain mengatakan, festival seni tersebut digelar sebagai upaya melestarikan budaya Islam. Kondisi tradisi leluhur itu semakin memprihatinkan dan sebagian penerus mulai meninggalkannya karena pengaruh globalisasi. Budaya Islam kurang mendapat perhatian dari pemerintah maupun masyarakat.

Padahal budaya Islam memiliki nilai religius yang jika bisa diterapkan akan membentuk masyarakat makmur aman dan sejahtera. “Seni Islam mengandung ajaran hidup yang baik, sangat pas diterapkan ditengah merosotnya moral bangsa. Kami prihatin dan ingin melestarikan hadroh atau shalawat arab,” tuturnya.