Guru PKN Sasaran Sosialisasi KPU Jateng

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah melakukan sosialisasi pemungutan suara kepada para guru pendidikan kewarganegaraan (PKN) di Kabupaten Purworejo yang digelar di Hotel Plaza, Rabu (4/7) siang. Para guru PKN menjadi salah satu sasaran sosialisasi mengingat peran guru mata pelajaran ini sangat besar dalam mengajak para pemilih pemula untuk mau menggunakan hak pilihnya.

Mata pelajaran PKN menurut Anggota KPU Jateng Divisi Sosialisasi dan Data, Andreas Pandiangan, memiliki materi budaya politik dan salah satunya mengajarkan tentang pemilihan umum. KPU Jateng tidak menginginkan 400 ribu pemilih pemula yang masih duduk di seluruh SMA, SMK dan MA di wilayah Jateng menjadi golput.

“Targetnya pemilih pemula akan menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang. Disinilah salah satu peran guru PKN untuk turut mengajak para siswa,” katanya.

Sosialisasi tersebut diikuti sedikitnya 20 guru PKN seluruh Purworejo. Selain di Purworejo, KPU berencana melaksanakan hal serupa di wilayah lain Jawa Tengah.