Harga Bersaing Hotel-hotel Pilihan Di Yogyakarta

Hotel-hotel yang terus tumbuh memperlihatkan dunia pariwisata berkembang positif. Semakin banyak jumlah kamar membuat wisatawan mudah mencari akomodasi selama berlibur di Jogja.

Ini diungkapkan Wali Kota Jogja Drs Haryadi Suyuti saat hadir dalam sarasehan dengan Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), beberapa waktu lalu. membahas daftar harga hotel di jogja.

Acara yang digelar di Hotel Jentra Dagen tersebut juga membahas masalah pelayanan dan keamanan wisatawan yang masih menjadi sorotan bersama.

“Tanpa kepastian keamanan, mustahil terwujud Jogjakarta sebagai daerah tujuan wisata. Untuk itu, kerja sama yang baik antara pelaku pariwisata dengan masyarakat Jogja diperlukan,” imbuh Haryadi.

Pada acara yang digelar selama dua jam tersebut, Haryadi juga menyinggung soal penataan Malioboro agar lebih nyaman bagi wisatawan. Dia juga menegaskan akan menata pedagang kali lima sepanjang Malioboro hingga di kawasan Kantor Pos Besar.

Ketegasan Pemkot dalam melaksanakan Perda yang mengatur keberadaan PKL dengan memberikan solusi tempat berdagang yang telah ditentukan.

“Pemkot justru ingin memberdayakan PKL dan menjadikan mereka salah satu tiang ekonomi rakyat dan mensejahterakan mereka,” tegas Haryadi.

Sementara itu, General Manager Hotel Jentra Dagen Pramudya Bagus berharap pemkot juga memperhatikan persoalan perang tarif antarhotel. Diakui, cara itu merupakan startegi berjualan hotel berbintang menjual kamar hotel dengan harga kelas hotel melati.

“Ini membuat kompetisi tidak sehat,” kata Bagus.

Bagus meneruskan hotel harus memiliki rasa percaya diri soal harga yang ditetapkan pada calon tamu. Tentu saja harus sesuai dengan kelas dan fasilitas yang diberikan.

Terkait sarasehan tersebut, Sales and Marketing Manager Dhani Ardhaneswari mengungkapkan, acara semacam ini diagendakan setiap bulan. Tujuannya untuk menyampaikan aspirasi dan diskusi bersama pelaku pariwisata Jogja yang tergabung dalam PHRI DIJ.