Hati-hati Dengan Minuman Olahraga Penambah Stamina

Pernyataan minuman olahraga dapat mengembalikan energi dan mencegah dehidrasi setelah Anda melakukan aktivitas olahraga atau kegiatan fisik lainnya ternyata hanya mitos belaka.

Penelitian baru mengungkapkan bahwa minuman yang diklaim sebagai minuman olahraga, mereka tidak meningkatkan energi dan malah dapat berbahaya.

Seperti dilansir dari dailymail, para peneliti yang juga merupakan spesialis minuman olahraga menyatakan, minum minuman olah raga hanyalah aktivitas buang-buang uang dan benar-benar bisa berbahaya.

Mereka memperingatkan bahwa bukannya bermanfaat bagi kesehatan kita, sejumlah merek populer yang disebutkan mengandung banyak gula dan kalori yang mendorong kenaikan berat badan.

Para akademisi dari Univeristas Oxford dan Harvard juga menuduh produsen minuman ‘menyesatkan’ karena terus meyakinkan pelaku olahraga bahwa mereka mereka berada di ambang dehidrasi sehingga perlu mengkonsumsi minuman olahraga.

Para peneliti menunjukkan bahaya yang mengancam dari meminum minuman olah raga terlalu sering yaitu karena dapat menyebabkan hipernatremia kondisi yang mematikan dengan sel-sel otak membengkak.

Studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal melihat 104 produk, termasuk minuman olahraga dan mempelajari lebih dari 400 klaim kesehatan yang dibuat dalam iklan.

Misalnya iklan minuman energi Lucozade pada tahun 1997, yang bintang iklannya,pemain sepak bola Alan Shearer mengatakan minuman ini ‘dirancang untuk atlet top’.

Dia menambahkan, “Ini memberikan cepat cairan dan energi jadi aku selalu di atas permainan saya.”

Iklan lainnya pemain klub, Manchester United Wayne Rooney terlihat minum Powerade dan ditampilkan mencetak gol melawan tubuhnya ganda, yang hanya memiliki air.

Deborah Cohen, investigasi editor di BMJ, mengatakan, “Pesan-pesan menyesatkan ke saran kesehatan sehari-hari oleh perusahaan yang disponsori ilmuwan yang menyarankan profil tinggi badan olahraga.”

Misalnya, ketakutan tentang dehidrasi telah menjadi Injil dan pengaruh apa yang kita minum saat kita berolahraga. Ini adalah kemenangan pemasaran atas ilmu pengetahuan.

Para peneliti juga memperingatkan bahwa protein dalam minuman shake tidak lebih baik dari minum susu.

Penelitian menyimpulkan, “Ada kekurangan mencolok dari bukti yang mendukung yang mengklaim terkait dengan peningkatan kinerja atau pemulihan. Tidak adanya bukti berkualitas tinggi ini mengkhawatirkan. “

Atas temuan itu, Juru bicara Lucozade, GlaxoSmith-Kline, berkata, “Lebih dari 40 tahun penelitian dan 85 studi peer-review telah mendukung pengembangan Sport Lucozade dan semua klaim kami didasarkan pada bukti ilmiah yang telah dikaji oleh Food Eropa Otoritas Keamanan.”

Coca-Cola, yang membuat Powerade, mengatakan, “Olahraga minuman adalah yang terbaik diteliti minuman di dunia. Ada banyak penelitian ilmiah yang dapat diandalkan.”