Indonesia Mencari Bakat 3 Segera Dimulai

Indonesia Mencari Bakat 3  Segera Dimulai – Kisah Pengamen Cilik Dari Sumatera Utara – Medan, (Analisa). Wajah Rizky Hidayat (12) terlihat sumringah saat disapa Gus Irawan Pasaribu ketika keduanya bertemu di Gus Center Jalan Pattimura Medan, kemarin.

Rizky, adalah pengamen cilik yang biasa mangkal di kawasan Titi Bobrok, Medan. Kepiawaiannya bernyanyi mengantarnya ke Jakarta, mengikuti Indonesia Mencari Bakat (IMB) sebuah stasiun televisi.
Rizky yang datang bersama ayahnya, Sucipto, yang seharinya berjualan sate kerang keliling di seputaran Kota Medan. Dengan gitar kecil yang selalu ditintingnya, dia berbicara langsung dengan Gus. “Saya mau ke Jakarta, Pak. Saya ikut IMB. Saya minta dukungan bapak,” ujarnya.

Mendengar ini Gus tersenyum dan bertanya, bagaimana Rizky bisa sampai dipanggil ke Jakarta untuk berlaga dengan kontestan seluruh Indonesia. Bersama ayahnya, Rizky menjelaskan, dia merupakan anak putus sekolah, karena kondisi ekonomi keluarga. Dia kemudian memilih menjadi pengamen dan selama ini beroperasi di kawasan Titi Bobrok, Medan.

“Waktu saya ngamen di Mi Aceh Titi Bobrok, pengunjungnya ada yang mengajak saya ikut audisi IMB di USU. Abang itu terus mendampingi sampai saya lolos audisi,” ungkapnya.

Hengky, paman Rizky, yang akan mendampinginya ke Jakarta, mengatakan, pihak keluarga sama sekali tidak tahu kalau keponakannya itu mengikuti audisi IMB di Medan. Mereka baru tahu, setelah yang mengajak audisi menelepon keluarga ketika Rizky diumumkan untuk berangkat ke Jakarta..

Saat ditanya keinginannya, jika memang diberikan kesempatan menang di IMB, Rizky mengaku ingin melanjutkan sekolahnya yang terputus. Dia juga ingin mencari sang ibu yang menurut Rizky tidak tahu lagi kabarnya. “Saya mau sekolah lagi. Tapi saya juga mau jadi penyanyi,” katanya sambil merambas pelan gitar mini bertali empat itu.

Beli gitar

Mendengar keinginan Rizky yang begitu kuat, Gus, langsung memberikan dukungannya dengan berjanji untuk membelikan Rizky gitar yang lebih baik. “Nanti saya beri gitar yang bagus. Jadi harus juara, maksimalkan kemampuan saat seleksi di Jakarta,” kata Gus.

Gus mengatakan, anak-anak Sumut memiliki potensi yang luar biasa di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, sains dan teknologi, kebudayaan, kesenian dan olahraga. Menurutnya, sejak lama dia terus mendorong agar anak-anak Sumut berprestasi di kancah nasional dan internasional. Untuk tarik suara, kata Gus, dia sudah pernah mendukung Rini Idol (juara I Indonesian Idol 3) dan Uma Tobing (Juara I IMB 2). Hasilnya memang, dua anak Medan itu jadi juara di kompetisi masing-masing.

Pada kesempatan itu, Gus yang juga dikenal luas sebagai salah satu kandidat calon Gubsu 2013 kemudian menyerahkan bantuan Rp5 juta untuk mendukung keberangkatan Rizky dan uang saku selama berada di Jakarta. Dia berharap, akan muncul anak-anak tangguh seperti Rizky. Sebagai hadiah untuk seluruh orang yang saat itu berada di Gus Center, Rizky kemudian menyanyikan lagu Wali, Bukan Bang Toyib, dengan menggunakan gitar mininya.

Sumber:HarianAnalisa.com