Inilah Tips Hamil Secara Sehat

Berat badan ideal bukan cuma masalah bagi wanita pada umumnya, tapi juga bagi ibu hamil. Karena kelebihan berat badan dan juga janin yang terlalu besar atau terlalu berat bisa menyebabkan berbagai masalah saat kehamilan atau kesulitan saat melahirkan si kecil. Simak tips sehat berikut, untuk tetap menjaga berat tubuh ideal sesuai dengan umur kehamilan Mommies.

1. Makan teratur dan banyak cairan.
Setelah morning sickness berakhir, Mommies bebas makan apa saja. Tapi, tidak berarti semua makanan dilahap dan makan kapan saja. Tetap dianjurkan untuk makan dengan teratur tiga kali sehari sesuai porsi ibu hamil, banyak cairan, makan cemilan sehat, dan perhatikan komposisi makanan Mommies. Jangan hanya menuruti nafsu makan, tetapi pikirkan kandungan gizi supaya masukan seimbang.

2. Cemilan sehat berupa buah, susu, yoghurt, salad, puding, dan cemilan sehat lainnya.
Hindari cemilan berupa keripik-keripik atau camilan kemasan dengan kandungan garam yang cukup tinggi. Hindari juga jajanan dengan pinggir jalan yang tidak jelas kebersihannya, jauh lebih sehat jajanan rumah produksi sendiri.

3. Beli timbangan berat badan Mommies.
Sekalipun bukan sebuah keharusan, timbangan berat badan akan membantu Mommies mengontrol berat badan selama kehamilan dan menjadi reminder untuk lebih bijaksana dalam memilih berbagai makanan. Patokan secara umum, pertambahan berat badan 1,6 kg/minggu pada trisemester kedua dan sekitar 450 gram/minggu pada trisemester ketiga kehamilan.

4. Tetap beraktifitas.
Kehamilan dan perut yang makin membesar biasanya membuat Mommies cenderung malas untuk beraktifitas dan memilih banyak duduk dan berbaring. Disarankan untuk tetap beraktifitas sesuai kemampuan tubuh Mommies, karena tubuh akan lebih segar dan lebih fresh dengan tetap beraktifitas. Bagaimana dengan olahraga selama kehamilan? Tentunya sesuaikan dengan kondisi kandungan dan lebih berhati-hati, konsultasi dengan dokter untuk pilihan olahraga yang mungkin terlalu berat dan beresiko pada kehamilan.

5. Makan dengan tenang dan mengunyah dengan baik, seperti anjuran, kunyah 32 kali untuk membantu lambung mencerna makanan dengan baik.
Hindari makan terburu-buru yang justru membuat Mommies lebih cepat kenyang dan tubuh tidak menyerap nutrisi secara keseluruhan.

6. Makan untuk berdua? Untuk kebutuhan Mommies sendiri dan juga kebutuhan janin Mommies.
Tapi, bukan berarti benar-benar makan dalam porsi dua kali lipat orang dewasa tanpa memperhatikan kandungan nutrisi apa saja yang dibutuhkan. Makan memang bertambah porsinya, tapi benar-benar perhatikan apa yang Mommies makan, kandungan nutrisi dan gizi dalam setiap asupan makanan

7. Perbanyak asupan serat dan cairan baik air putih, jus buah, sayuran dan kuah sayuran.
Karena banyak Ibu hamil mengeluhkan sembelit, sehingga makan extra lebih banyak asupan serat untuk membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh.

8. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kehamilan Mommies, seperti merokok atau minum alkohol.
Juga mulai kebiasaan baru, seperti olahraga ringan atau senam untuk ibu hamil, yang akan membantu banyak untuk tetap menjaga tubuh tetap fit selama kehamilan..