Jangan Lakukan Kesalahan ini Jika Anda Wawancara

Wawancara merupakan salah satu tahap penting saat Anda melamar pekerjaan. Namun, hindari melakukan kesalahan berikut agar pekerjaan impian tetap ditangan.

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, wawancara bisa jadi merupakan tahap tersulit yang harus dilewati. Meski telah lolos dalam tes dan tahap sebelumnya, tak sedikit calon karyawan yang gagal di tingkat ini. Bila Anda telah melewati tahap wawancara namun tak kunjung ada kejelasan dari pihak perusahaan, kemungkinan Anda melakukan kesalahan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang membuat Anda gagal, seperti dilansir Askmen.

Berpakaian tidak tepat

Hanya karena wawancara kerja dilakukan di hari Jumat bukan berarti Anda dapat hadir dengan mengenakan celana jeans dan kaos. Sesuaikan gaya berbusana dengan pekerjaan yang Anda ingin dapatkan. Tentunya Anda tak ingin dipandang tidak serius, bukan?

Berbohong

Dalam era digital seperti sekarang, hindarilah berbohong demi terkesan lebih baik. Jangan coba-coba untuk melebih-lebihkan apa yang semestinya tidak Anda miliki atau capai. Bos Anda bisa saja mengecek kebenarannya melalui internet atau orang-orang yang berhubungan dengan kebohongan tersebut. Untuk itu hindarilah berbohong bila Anda tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Menjelek-jelekkan mantan bos

Tidak ada yang ingin mempekerjakan seorang yang tidak puas dengan pekerjaan masa lalunya. Untuk itu tahanlah hasrat untuk membicarakan keburukan bos Anda di masa lalu. Bicara hal negatif mengenai pekerjaan Anda sebelumnya hanya akan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang sulit diajak bekerja sama.

Sok akrab

Setiap orang ingin memiliki kesan pertama yang baik. Namun ada batasan yang jelas antara berusaha membangun kesan yang baik dan bersikap terlalu akrab dengan pewawancara. Ingatlah bahwa wawancara kerja bukanlah tempat yang tepat untuk melakukan kebiasaan Anda. Konsentrasilah untuk menampilkan kesan yang serius dan bertanggungj jawab dengan pekerjaan Anda.