Jepang Mengalahkan Indonesia, 5 : 1

Dua gol Kubo pada menit 30 dan 34 membawa Jepang unggul atas Indonesia pada babak pertama pertandingan kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E di Stadion Utama Riau, Kamis.

Gol yang bersarang ke gawang M. Ridwan itu tercipta melalui tendangan bola mati dari luar kota penalti, sedangkan gol kedua tercipta karena kelengahan pemain belakang Timnas Garuda Muda dalam menghalau lawan.

Dengan didukung puluhan ribu penonton, Hendra Adi Bayauw dan kawan-kawan sebenarnya langsung melakukan penetrasi ke pertahanan Jepang. Hanya saja tekanan itu disambut dengan pressing yang ketat oleh Tim Samurai Biru itu.

Hingga memasuki menit 10 jual beli serangan terus dilakukan kedua tim. Hanya saja peluang untuk menciptakan gol sedikit. Hanya sesekali pemain Timnas Garuda Muda melakukan tendangan jarak jauh seperti yang dilakukan Hendra Adi Bayauw.

Kondisi kurang menguntungkan terjadi pada menit 20, sang kapten Andik Vermansyah terpaksa harus ditarik keluar karena mengalami cedera dan digantikan oleh Bima Ragil Satria Rakasiwi. Kondisi ini langsung dimanfaatkan oleh anak asuh Yushasi Yoshida untuk melakukan tekanan ke gawang M. Ridwan.

Petaka bagi tuan rumah akhirnya terjadi pada menit 30. Tendangan bola mati oleh Kubo dari luar kota penalti mampu memperdayai M. Ridwan sehingga membuat kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Tim Negeri Matahari Terbit.

Meski dukungan terus diberikan suporter termasuk Menpora Andi Mallarangeng ternyata belum membuat timnas mampu menyamakan kedudukan. Justru sebaliknya. Empat menit berselang Kubo mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 setelah memenangkan kemelut didepan gawang Indonesia.

Tertinggal 0-2 membuat pola permainan anak asuh Aji Santoso kurang terkoordinasi dengan baik. Terbukti banyak pemain yang salah umpan sehingga menguntungkan lawan. Kondisi ini bertahan hingga babak pertama usai.

Susunan pemain:
-Timnas Indonesia : M. Ridwan (pg), Dany Saputra, Syaiful Indra Cahya, Nurmufid, Hendra Adi Bayauw, Rasyid, Agung Supriyanto, Syahroni, Agus Nova, Andik Vermansyah/Bima Ragil dan Fandi Eko Utomo.

-Timnas Jepang : Kosuke Nakamura (pg), K. Kushibiki, Takuya Iwani, Yamanaka, Kubo, Gatuko Notsuda, Ken Matsubara, Watari, Hiroki Akino, Hirota, Matsumoto.