Kenapa Manusia Membutuhkan Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin-Vitamin Dan Mineral?

Kenapa Manusia Membutuhkan Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin-Vitamin Dan Mineral? – Manusia memerlukan makan agar nutrisinya terpenuhi, juga  untuk cadangan energi kita.

Manusia memang sangat membutuhkan nutrisi untuk tumbuh, agar bisa bereproduksi, dan memelihara kesehatan. Tanpa Nutrisi dari makanan, tubuh kita tidak dapat menjaga suhunya, membangun atau memperbaiki jaringan, atau memelihara detak jantung.  Wah penting sekali ya nutrisi itu.

Dalam dunia medis, nutrisi dikategorikan menjadi; karbohidrat, protein, lemak, vitamin-vitamin dan mineral.

Air juga tidak boleh ketinggalan, bahkan ini yang paling penting. Seseorang hanya dapat bertahan hidup hanya delapan atau sepuluh hari tanpa air, sementara itu seseorang dapat bertahan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan dengan kondisi kekurangan makanan namun tercukupi air.

Air bersirkulasi melalui darah kita dan sistem limpa, mengangkut oksigen dan nutrisi ke sel tubuh dan membuang limbah metabolisme melalui urin dan keringat. Air juga menjaga keseimbangan alami antara keluar dan masuknya garam dan air didalam dan diluar sel.

  1. Karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber utama energi tubuh manusia, menyediakan 4 kalori energi setiap gram. Karbohidrat ini biasanya ada dalam makanan pokok kita seperti nasi, tepung dan jagung.
  2. Protein. Protein merupakan bagian penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mulai dari rambut dan kuku, kulit, organ dalam tubuh sampai ke tulang dan otot. Protein berfungsi sebagai bahan dasar pembangun tubuh dan regulator gen. Protein dalam makanan, seperti misalnya albumin pada putih telur, casein dalam susu, dan gluten pada gandum, diurai dalam proses pencernaan menjadi asam amino yang penting banget untuk tubuh. Dari lebih dari 20 asam amino yang dibutuhkan tubuh, delapan (sembilan pada orang dewasa dan anak-anak) tidak dapat dibuat oleh tubuh dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan.
  3. Lemak. Setiap gram lemak menghasilkan 9 kalori energi, lemak merupakan nutrisi penghasil energi yang paling kuat, sehingga tubuh kita hanya memerlukan sedikit lemak untuk memproduksi energi. Lemak biasanya terlihat mengganggu dan ternyata penting juga untuk tubuh.
  4. Vitamin. Penghasil energi untuk manusia yang terakhir adalah vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit untuk memicu ribuan reaksi kimia yang diperlukan untuk memelihara kesehatan tubuh. Sedangkan mineral adalah unsur logam dalam jumlah yang sedikit yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang sehat. Tetapi kita juga harus ingat, bahwa unsur mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah unsur mineral dari tumbuh-tumbuhan, bukan dari air mineral.

Nutris ini memang penting sekali, apabila tubuh tidak menerima nutrisi makanan yang cukup dalam jangka waktu tertentu, tubuh menjadi lemah dan kemampuannya memerangi infeksi jauh berkurang.

Otak menjadi lamban dan tidak cepat bereaksi. Tubuh memanfaatkan cadangan lemak untuk menjadi energi, dan otot melemah supaya tidak menggunakan energi terlalu banyak. Akhirnya tubuh menjadi lemah, jantung tidak memompa darah dengan cukup, dan kematian terjadi–akibat terburuk yang terjadi akibat kesalahan menanggapi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.