Kesalahan Saat Wawancara Kerja

Bila Anda sedang dalam posisi mencari pekerjaan impian, ingatlah bahwa wawancara merupakan salah satu elemen penting di dalamnya. Karenanya, hindarilah kesalahan berikut ini.

Saat-saat mencari pekerjaan boleh jadi merupakan saat tersulit dalam hidup. Anda harus melewati serangkaian tes guna mendapatkan posisi yang Anda inginkan. Selain tes tulis, tes wawancara juga menjadi penentu diterima atau tidaknya Anda di perusahaan tersebut. Jika Anda tak ingin kehilangan pekerjaan impian, hindarilah beberapa kesalahan berikut ini:

Banyak bicara

Wawancara ialah kesempatan untuk menggali tentang perusahaan yang Anda inginkan. Bersiaplah untuk menahan keinginan bicara selama beberapa menit atau Anda akan terkesan mendominasi pembicaraan dan seolah mengemis. Penting halnya untuk memerhatikan objek pembicaraan Anda. Karenanya, hindari membicarakan masalah yang terlalu pribadi di hadapan pewawancara, demikian seperti dilansir Askmen.

Tidak mengetahui latar belakang perusahaan

Biasanya Anda memiliki waktu beberapa hari untuk mempersiapkan wawancara. Untuk itu gunakan waktu tersebut untuk mempelajari latar belakang perusahaan. Jeda waktu ini juga waktu yang tepat untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin terdapat pada curriculum vitae (CV) Anda.

Membicarakan keuntungan terlalu awal

Hindari untuk membicarakan masalah tunjangan dan gaji di awal wawancara. Membicarakan hal ini terlalu awal akan membuat pewawancara melihat Anda sebagai orang yang tidak terlalu tertarik pada pekerjaan, melainkan hanya pada tunjangan dan bonus yang akan didapatkan.

Terburu-buru

Berusahalah untuk rilaks selama melakukan wawancara. Persiapkan waktu selama beberapa jam untuk wawancara dan hindari untuk selalu menatap jam tangan Anda. Hal ini hanya akan membuat kesan bahwa Anda terlambat untuk sesuatu hal yang lebih penting.