Menpora Andi Mallarangeng Terkesan pada Rusia

Rusia tampil luar biasa pada pertandingan perdana mereka di Piala Eropa 2012, Jumat, 8 Juni 2012. Bertanding melawan Ceko, Rusia menang telak 4-1.

Menpora Andi Mallarangeng merasa Rusia akan menjadi salah satu kuda hitam di Polandia-Ukraina. Penampilan penuh percaya diri mereka saat jumpa Ceko dinilai Andi sangat meyakinkan.

“Penampilan mereka semalam luar biasa. Ceko kalah telak. Saya rasa Rusia bisa bicara banyak di Piala Eropa kali ini. Tapi, jangan lupa ada Spanyol dan Jerman,” kata Andi di Arthayasa Stables, Cinere, Depok, Sabtu, 9 Juni 2012.

Adalah Alan Dzagoev yang menjadi bintang Rusia saat melawan Ceko. Gelandang sayap 20 tahun itu sukses melesakkan dua gol melalui tendangan akuratnya.

Dua gol Rusia lainnya dicetak Roman Shirokov pada menit 24 dan Roman Pavlyuchenko pada menit 82. Gol Shirokov diawali dari umpan terobosan Andrei Arshavin, yang berhasil ia sontek masuk ke gawang Petr Cech. Satu-satunya gol balasan Ceko dicetak Vaclav Pilar pada menit 52.

Kemenangan ini mengantar Alan Dzagoev dan kawan-kawan ke puncak klasemen Grup A dengan 3 poin. Mereka unggul atas Polandia dan Yunani yang sama-sama punya satu poin. Di laga berikutnya, Rusia akan menantang tuan rumah Polandia di National Stadium pada 12 Juni mendatang. (art)