Para Musisi Cari Rezeki Lewat Lagu Religi

Memasuki bulan Ramadan 1433 H, industri musik kembali diramaikan dengan kemunculan lagu-lagu bernuansa Islami atau biasa disebut tembang religi. Dengan lirik sarat akan keagungan Tuhan ataupun perjalanan spiritual seorang manusia, lagu religi-religi ini bak oase di padang pasir yang menyejukkan kalbu.

Bimbo, Opick, Ungu, serta GIGI adalah empat dari sekian banyak musisi Tanah Air yang sukses melahirkan atau mengaransemen ulang tembang-tembang religi. Bimbo dengan lagu berjudul Sajadah Panjang, Opick dengan Tombo Ati, Ungu lewat lagu Dengan Nafas-Mu, dan GIGI dengan Raihlah Kemenangan.

Kini, mereka pun kembali dengan album dan single religi baru maupun yang telah diaransemen ulang. Bimbo merilis album bertajuk BIMBO & Friends – Warisan, Opick dengan Salam Ya Rosulullah, dan GIGI merilis lagu berjudul Aku dan Aku.

Selain mereka, beberapa band dan penyanyi Tanah Air lainnya juga tak ketinggalan meluncurkan tembang religi pada bulan Ramadan tahun ini. Siapa saja dan apa alasan mereka merilis tembang religi? Simak daftarnya berikut ini:

J-Rocks

Musik religi tak melulu harus dikemas dalam balutan pop barangkali cocok dialamatkan pada band J-Rocks. Untuk pertama kalinya, band beraliran Japanese Rock ini bakal merilis single religi bertajuk Tersesal. Meski demikian, lagu tersebut diakui sang vokalis, Iman, bukanlah lagu baru. Seperti diketahui lagu tersebut masuk dalam album Spirit yang dirilis sekitar tahun 2007 lalu.

Namun, kini, lagu Tersesal diaransemen ulang dan diberi sentuhan Arabian. Lagu Tersesal, ujar Iman, akan dimasukan dalam packaging khusus bersama dua lagu baru lainnya.

“Ini berbeda dengan album J-Rocks yang lainnya. Ini memang kita keluarkan khusus untuk Ramadan dan J-Rockstar,”  katanya.

Selain berisikan lagu, packaging khusus itu juga memuat behind the scene serta video clip. Rencananya packaging tersebut akan dipasarkan ke komunitas terlebih dahulu.

“Kalau memang permintaan di komunitas lebih besar lagi, maka pasti kita akan perbanyak lagi,” ujarnya.

Opick

Lewat album pertama bertajuk Istighfar yang dirilis tahun 2005 lalu, Opick sukses menginjakkan kakinya di belantika musik Tanah Air. Tak hanya itu, pemilik nama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus ini juga mantap memposisikan diri sebagai penyanyi spesialis lagu religi.

Semenjak saat itu, Opick tak pernah absen meluncurkan album setiap tahun. Mulai dari album Istighfar, Semesta Bertasbih, Ya Rahman, Cahaya Hati, Di Bawah Langit Mu, Shollu Ala Muhammad, The Best of Opick, hingga yang terbaru berjudul Salam Ya Rosulullah.

“Salam Ya Rosulullah adalah album ke delapan. Album ini berisi tujuh lagu, yang tiga lagu lama. Ada juga lagu Dealova yang dinyanyikan Once,” ujar Opick.

Pria asal Jember ini mengakui bahwa ia memang rutin membuat album setiap satu tahun sekali. Ia pun tak menampik jika album religinya sengaja dibuat bertepatan dengan Ramadan. Bercermin pada penjualan album tahun lalu, Opick optimistis Salam Ya Rosulullah juga akan meraih kesukesan.

“Insya Allah akan laku.  Kalau melihat hasil penjualan tahun kemarin memang lebih banyak mendapatkan respons yang baik dari masyarakat,” katanya.

Pria yang telah melahirkan sejumlah tembang hits seperti Bila Waktu Tlah Berakhir dan Rapuh ini pun menceritakan sumber inspirasinya dalam mencipta lagu. “Inspirasi dalam lagu-lagu yang saya buat ini diambil dari kejadian atau peristiwa yang dialami, dirasakan, dan dilihat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Opick.

Sumber: Vivalife