Pengaruh Negatif TV Pada Mata Anak-Anak

Kebiasaan anak jaman sekarang adalah ketika mereka memiliki waktu luang, mereka gunakan untuk menonton acara TV. Ternyata dengan kebiasaan tersebut akan sangat berpengaruh pada mata anak-anak.

Liburan panjang cenderung diisi dengan banyak kegiatan menonton televisi, VCD, internet, game atau komputer. Semua perangkat tersebut merupakan perangkat digital elektronik yang punya potensi bias menyebabkan gangguan pada penglihatan yang dikenal dengan istilah kelainan refraksi.

Kelainan refraksi adalah keadaan bayangan tegas tidak dibentuk pada retina. Secara umum, terjadi ketidak seimbangan sistem penglihatan pada mata sehingga menghasilkan bayangan yang kabur. Sinar tidak dibiaskan tepat pada retina, tetapi dapat di depan atau di belakang retina dan tidak terletak pada satu titik fokus. Kelainan refraksi dapat diakibatkan terjadinya kelainan kelengkungan kornea dan lensa, perubahan indeks bias, dan kelainan panjang sumbu bola mata.

Dasar dari kelainan refraksi adalah anatomi bola mata. Pada masa pertumbuhan anak-anak sampai usia 18 tahun, anatomi tubuh masih mengalami perubahan menjadi besar. Dengan adanya pertumbuhan dari tubuh, secara otomatis anatomi bola mata juga akan berubah. Sehingga kelainan refraksi juga akan selalu berubah sesuai dengan perubahan yang terjadi pada bola mata.