Perbedaan Motor Matic Dan Motor Gigi

Perbedaan Motor Matic Dan Motor Gigi – Teman-teman yang pingin belanja motor yang bahasa gaulnya disebut “hunting motor”, harus memilih motor yang sesuai karakter dan kenyamanan kita. Motor dibedakan dua jenis, matic dan manual. Ini dia perbedaan umum motor matic dan manual agar teman-teman yang ingin hunting motor tidak kesulitan lagi memilih motor.

Motor Matic handal dalam keadaan macet. Tidak perlu pindah gigi segala dan pastinya menghemat tenaga. Motor Manual pasti sudah sangat repot pada keadaan macet. Harus memindah gigi secara manual. Itu akan merepotkan dan menguras tenaga.

-Motor Matic sangat boros. Itu dikarenakan Spuyer mesin yang dipakai matic sangat besar dan setelan katupnya juga termasuk besar. Perpindahan giginya pun diatur oleh mesin itu sendiri. Itu yang membuat boros walaupun motor itu hanya 110 cc sekalipun. Motor Manual irit. Spuyer yang dipakai tidak terlalu besar.  Perpindahan gigi kita atur sendiri. Jadi walapun 125 cc, tetap irit.

-Motor Matic lemah pada tanjakan. Bila anda ingin berpergian ke puncak gunung yang banyak tanjakan terjal, tidak disarankan memakai matic karena tarikan pertama matic hilang. Motor Manual handal untuk tanjakan yang terjal karena kita bisa mengatur giginya waktu tanjakan tersebut.

-Motor Matic perawatannya mesinnya lebih sulit dan mahal. Karena mesin motor matic tertutup dan rumit. Motor Manual bisa dibilang mudah. Mesinnya yang cukup terbuka membuat kita lebih mudah membersihkannya.

Kesimpulan dari semua hasil :

Motor Manual :

Kelebihan : Mengatur gigi sendiri dan irit

Kelemahan : Menguras tenaga karena harus mengatur gigi dalam keadaan tertentu

Motor Matic :

Kelebihan : Nyaman dan mudah. Kita tidak harus memindah gigi pada waktu berkendara

Kekurangan : Bensin lebih boros dan perawatannya lebih mahal dan rumit

Sumber: sampahblog.wordpress.com