Rahasia Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum

Pernahkah anda membayangkan, jika anda akan berada pada panggung yang megah, lalu tak lama kemudian nama anda disebut untuk naik ke atas panggung tersebut dimana ribuan pasang mata sedang menatap anda di atas panggung?
Pernahkah anda berbicara di depan umum? mungkin ketika anda memulainya ketika berdemo? atau bisa saja saat anda ingin memaparkan atau menyampaikan ide-ide anda?
Pernahkah anda bermimpi menjadi seorang motivator? bisa menjadi sukses dan mensukseskan orang. serta mempengaruhi banyak orang dalam waktu singkat untuk memberikan motivasi dan membangkitkan semangat mereka?
Jika jawaban anda ya, maka saya bisa mengatakan, andalah orang sukses saat ini.
Jika anda menjawab tidak, apakah alasan anda? tidak bisa berbicara di depan umum? takut?, jika jawaban anda benar begitu, maka mulai dari sekarang, buanglah pikiran yang dapat menghambat mimpi anda! Tampillah di depan umum, dan berbicaralah, maka ribuan mata akan melihat kesuksesan anda!
Jika anda masih takut dan ragu, maka saya akan memberikan beberapa kunci sukses yang akan saya berikan pada anda agar bisa menakhlukannya.
Kunci sukses pertama, BERANIKAN DIRI ANDA!. tanpa kunci sukses yang pertama ini, berarti anda LUMPUH. jika anda melakukan kunci sukses pertama ini, maka anda bisa melanjutkan pada kunci sukses yang kedua.
Kunci sukses kedua, kalau anda kehabisan topik pembicaraan gunakan bahan yang ada di sekeliling /disamping anda atau berita yang sedang hangat saat ini.
Kunci sukses ketiga, kuci sukses berbicara, meliputi:
1.  Bicaralah dengan suara lantang. Tidak perlu ragu, karena lawan bicara anda memang ingin mendengarkan anda.
2.  Bicaralah dengan jelas. Jangan seperti bergumam.
3.  Bicaralah dengan suara yang tidak monoton. Libatkan emosi dalam suara anda.
4.  Gunakan jeda. Penyampaian dengan perlahan ditambah dengan jeda akan membuat lawan   bicara anda lebih perhatian dalam mendengarkan dan suasana pun menjadi lebih rileks.
5.  Gunakan bahasa tubuh yang baik.

Kunci sukses keempat, Untuk mencairkan suasana yang terlalu serius, atau menegang, anda bisa membuat ice break atau joke dan cerita lucu. Namun juga jangan menjadi orang yang pertama kali tertawa jika anda sendiri yang menceritakan cerita lucu nya, karena anda akan terkesan gugup dan seperti minta dikasihani.
Kunci sukses ke lima, perhatikan posisi tubuh anda. Memberi jarak antara kedua kaki (tidak dirapatkan) baik dalam posisi berdiri maupun duduk menunjukkan bahwa anda cukup percaya diri dan nyaman dengan posisi anda.
Kunci sukses keenam, tekhnik yang paling penting, adalah tekhnik ekspresi wajah,
1.         Tersenyum
2.         Bicaralah Perlahan
3.         Ubahlah Suara Dalam Diri Anda(saya paling ganteng)
4.         Tatap Mata Lawan Bicara Anda dan berilah senyuman

Kunci paling jitu, ANDA PASTI BISA!! tetapkan dalam tekad anda!
Henry Ford
Bila Anda berpikir Anda bisa, maka Anda benar. Bila Anda berpikir Anda tidak bisa, Anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa