Tiga Bumbu Utama Memasak Ikan

Memasak ikan selain lebih mementingkan nilai gizi juga perlu dipahami bumbu dan rempah yang digunakan. Hasilnya, menu ikan Anda pasti memuaskan seluruh anggota keluarga.

Saat memasak ikan, ada beberapa bumbu dan rempah yang berfungsi meningkatkan rasa. Berikut tiga bumbu yang bisa digunakan dalam mengolah ikan, seperti diulas Ehow, Kamis (3/5/2012):

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai “emas” dari semua rempah-rempah. Kunyit memberikan warna kuning yang sangat intens pada makanan sehingga kunyit sering digunakan pada hidangan laut.

Kunyit juga bisa sebagai pengharum sehingga sering diolah pada kuliner Mediterania. Kunyit ditawarkan dalam bentuk segar dan bubuk yang lebih mudah dimanfaatkan, rasanya pun tidak kalah kuat dengan kunyit segar. Untuk olahannya, kunyit bisa digunakan untuk menumis ikan atau olahan rebus.

Kucai

Memiliki tangkai hijau panjang, terdapat lubang, dan berbentuk agak sempit, kucai kerap digunakan pada olahan laut untuk menambah rasa. Kucai juga bisa digunakan pada olahan panggang. Taburkan irisan kucai di atas makanan yang telah dipanggang.

Sage

Bumbu satu ini bisa meningkatkan rasa pada setiap olahan ikan dan makanan laut. Sage populer pada hidangan Italia. Sage memiliki aroma harum dan rasa hangat serta kandungan kaya vitamin A dan C. Bumbu ini biasanya digunakan untuk olahan ikan todak dan salmon.