Tips Memilih Obat Nyamuk Yang Aman

Tips Memilih Obat Nyamuk Yang Aman – Nyamuk membawa penyakit yang dapat menyebabkan kematian seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan lain-lain. Cara mengusir nyamuk yang aman dan ampuh untuk mencegah dan melindungi kesehatan keluarga pasti menjadi perhatian para orang tua.

Melinduangi kesehatan keluarga dengan memilih dan menentukan produk pilihan terbaik menjadi salah satu cara untuk menjauhkan keluarga dari penyakit, apalagi tinggal di Indonesia  yang beriklim tropis yang membuat oang tua harus lebih waspada terhadap serangan gigitan nyamuk.

Terdapat berbagai jenis produk pengusir nyamuk yang beredar di pasaran, ingat jangan asal semprot!., pilihlah produk yang kandungan dengan bahan aktifnya yang relatif aman dan secara selektif agar keluarga tidak digigit nyamuk. Tahukah Anda, salah memilih obat anti nyamuk yang dapat menimbulkan ancaman kesehatan jangka panjang, karena obat nyamuk yang kandungannya tidak aman dapat berefek jangka panjang seperti kanker, impotensi yang tentunya membahayakan kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga.

Biasanya kandungan pestisida atau racun pembasmi hama adalah propoxur, yang termasuk dalam kategori  racun kelas menengah. Propoxur berbahaya karena apabila terhirup dan terserap tubuh manusia dapat mengakibatkan penglihatan kabur, keringat berlebih, pusing, sakit kepala dan badan lemah. Propoxur juga dapat menurunkan aktivitas enzim yang berperan pada saraf transmisi dan berpengaruh buruk pada hati dan reproduksi, serta berpotensi menyebabkan kanker. Ada pula  jenis bahan aktif yang relatif aman digunakan untuk mengusir nyamuk yang selalu menganggu, yaitu phyrethroids yang termasuk racun kelas menengah.

Pilihlah obat nyamuk yang efektif mematikan serangga (nyamuk, lalat, kecoa dll) tetapi tetap aman bagi keluarga Anda. Produk obat nyamuk relatif aman mengandung bahan aktif syntetic pyrethroids (prallethrin dan permethrin) dalam kategori insektisida golongan organik, hasil pengembangan dari konsep bunga chrysanthemum. Bahan aktif synthetic pyrethroids yang telah dicampur dengan purified solvent ini sangat ampuh mematikan serangga tapi lebih aman bagi manusia karena syntetic pyrethroids mudah di keluarkan dari dalam tubuh melalaui feces, urine dan saluran pernafasan.

Setelah mengetahui lebih lanjut mengenai obat nyamuk yang aman, yakni yang bercirikan tidak mengendap di bantal dan dapat di netralisir di udara.

Tips Memilih Obat Nyamuk

  •    Pilihlah obat nyamuk dengan bahan aktif phyrethroids, karena kandungan racunnya relatif aman digunakan bagi manusia, contoh phyrethroids adalah : prallethrin, permethrin.
  •     Tinggalkan kamar selama 1 jam, agar racun tidak terhirup.
  •     Gunakan obat nyamuk yang solvent/pelarutnya sudah dimurnikan (purified solvent), sehingga mudah dinetralisir.
  •     Biarkan produk tetap rapat dalam kemasannya dengan label yang utuh menempel.
  •     Jaga kemasan tetap kering agar tidak menjadi berkarat apalagi bocor.
  •     Simpan produk berbahaya dalam lemari yang terkunci rapat.
  •     Jangan simpan dekat makanan.

Sumber:masakanpluskesehatan.blogspot.com