Tips Memilih Perlengkapan Perawatan Bayi

Tips Memilih Perlengkapan Perawatan Bayi – Sebagai orangtua kita tahu bahwa kebutuhan bayi tak hanya mengkonsumsi nutrisi seimbang saja, tetapi bayi juga memerlukan perawatan tubuh dari luar. Ada banyak jenis produk perawatan bayi atau yang biasa juga disebut sebagai kosmetik bayi, diantaranya sampo, sabun, minyak telon, baby oil, krim kulit dan parfum bayi. Tetapi untuk memilih jenis kosmetik bayi yang tepat ada beberapa tips yang perlu menjadi perhatian orangtua. Sebelum memilih produk kosmetik untuk bayi, orangtua harus memahami betul kebutuhan buah hati. Secara umum ada beberapa tips mudah memilih kosmetik bayi, yaitu:

  1.  Meskipun secara umum produk kosmetik dan perlengkapan bayi sudah didesain khusus untuk bayi, tetapi saat pertama kali mengenalkan produk kosmetik untuk bayi, orangtua perlu melakukan tes alergi pada kulit bayi. Semua kulit tubuh bayi masih sangat sensitif sehingga rentan terhadap iritasi dan alergi, untuk mengetahuinya orangtua dapat mencoba mengoleskan sedikit kosmetik untuk bayi, missal baby oil atau krim kulit. Jika terjadi reaksi seperti memerah atau bayi rewel karena ada sensasi panas pada kulit tersebut, berarti bayi tidak sesuai dengan produk tersebut.
  2.  Belilah perlengkapan bayi sesuai dengan kebutuhan bayi, seperti sampo, sabun, dan lotion yang memang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh bayi. Sebaiknya hindari menggunakan produk perlengkapan bayi yang tidak terlalu mendesak, misalnya bedak. Meskipun produk perlengkapan bayi yang satu ini sudah sangat akrab dengan bayi, tetapi faktanya bedak memiliki manfaat yang sangat minim yaitu hanya memberikan rasa segar pada bayi setelah mandi. Bahkan jika penggunaan bedak secara berlebihan dan tidak berhati-hati, justru akan mengganggu kesehatan bayi misalnya gangguan pernafasan atau penyumbatan saluran kencing jika digunakan di daerah kemaluan bayi.
  3.  Pilihlah produk kebutuhan bayi yang berbahan dasar natural karena biasanya produk kosmetik natural lebih ramah bagi kulit bayi. Pada umumnya, produk yang berbahan natural atau alami biasanya memiliki warna dan bau yang natural pula sehingga aman bagi perkembangan bayi. Dan sebaliknya, produk kosmetik untuk bayi yang berbahan utama kimia sering menimbulkan keluhan kesehatan bagi bayi karena mengandung senyawa yang bersifat iritan, seperti alkohol.
  4.  Beli produk kebutuhan bayi dengan merek yang sudah cukup dikenal. Dan berhati-hatilah dari produk import yang belum mendapat lisensi dari pemerintah.

Sumber:nama-bayi.org