Tips Memilih Tisu

Tips Memilih Tisu – Perlengkapan yang satu ini tidak boleh ketinggalan saat bepergian dengan si kecil. Praktis untuk dibawa kemana-mana. Bermanfaat untuk membersihkan kotoran di mulut, tangan si kecil sampai membersihkan pup dan pantat si kecil. Tisu basah untuk bayi dirancang khusus dengan bahan lebih halus dan lembut, disesuaikan dengan kulit bayi yang masih sensitif.

Apakah yang terkandung di dalam tisu basah?
•    Air. Permukaannya yang basah menunjukkan kandungan air di dalamnya.
Pewangi. Bahan pewangi yang digunakan biasanya khusus untuk bayi, supaya tidak menimbulakan alergi pada kulit bayi.
•    Bahan pembersih yang diformulasikan khusus dengan konsentrasi yang sudah diperhitungkan untuk bayi. Fungsinya untuk membersihkan dan menyegarkan kulit si kecil.
•   Kandungan lain seperti minyak jojoba, chamomile, alantonin, vit E, minyak mineral, atau essensial. Berfungsi untuk melembutkan dan melembabkan kulit bayi.
•    Alkohol. Beberapa produk menambahkan alkohol di dalam tisu basah dengan konsentrasi yang sedikit. Berfungsi sebagai desinfektan atau pembunuh kuman. Penambahan alkohol biasanya menimbulkan iritasi bila dipakai terlalu sering pada kulit bayi yang masih sensitif.

Saat memilih tisu basah untuk si kecil, perhatikan hal-hal berikut ini :
•    Terdapat berbagai macam jenis tisu basah, seperti tisu basah untuk muka, pembersih kosmetik, juga untuk bayi. Pastikan Mommies tidak salah pilih, pilih yang tercantum label untuk bayi.
•    Amati kode standard produksi tisu basah. Jika ada berarti produk tersebut sudah melalui uji laboratorium resmi dan kandungan di dalamnya dinyatakan aman. Perhatikan juga komposisinya, hindari tisu basah dengan alkohol untuk si kecil.
•    Tisu basah biasanya dikemas dengan kemasan yang mudah dibuka dan ditutup. Pastikan menutupnya dengan rapi setelah memakai tisu basah, untuk menghindari tisu menjadi kering dan kotoran-kotoran ikut menempel di tisu.
•    Pastikan juga tangan Mommy bersih saat menggunakan tisu basah. Cuci tangan terlebih dahulu, atau bersihkan dulu dengan tisu basah, kemudian pakai tisu basah yang baru untuk membersihkan tubuh si kecil.
•    Hentikan pemakaian tisu basah jika melihat iritasi di kulit si kecil. Kulit yang sensitif mungkin tidak cocok dengan tisu basah. Jangan juga menggunakan tisu basah saat si kecil kena ruam popok, karena bisa menambah iritasi.

Pembersih terbaik adalah air dan sabun bayi, jadi sebaiknya gunakan tisu basah jika memang diperlukan saja.

Sumber:bettermomtoday.com