Tips Memulai Kuliah Yang Baik

Sebelum kuliah, pastinya kamu menerima banyak nasihat mengenai apa yang akan kamu hadapi. Bagaimana pun, kamu harus menemukan jalan sendiri untuk melaluinya.

Namun seorang pengajar di University of St Andrews di Skotlandia, Gerard DeGroot, punya tips tersendiri untuk para mahasiswa baru. Prosefor di bidang sejarah modern yang mengajar sejak 1973 ini, punya tips yang seharusnya membuat kamu sangat bersyukur bisa kuliah.

Berikut tips dari DeGroot seperti dikutip dari Telegraph:

Hidup dimulai saat kuliah. Untuk sebagian besar kamu, kuliah akan menjadi pengalaman pertama hidup sendiri (seperti ngekos atau tinggal di asrama). Bahkan bagi kamu yang tetap tinggal bersama orangtua, kehidupan keluargamu akan berubah. Saya berani mengatakan, kamu telah berubah menjadi dewasa.

Waspadalah. Kemerdekaan dan kebebasan merupakan ‘minuman’ yang memabukkan. Pasalnya, saat kuliah, kamu bisa bergadang, mencoba hal yang ‘agak’ liar, dan mengejar siapa yang kamu suka.

Berhati-hatilah, karena kebebasan bisa membuat kamu melakukan hal-hal menggoda. Setiap saat kamu harus memperingatkan diri sendiri bahwa saat kuliah kamu tidak hanya menikmati kehidupan, tapi juga pendidikan.

Masa kuliah mungkin periode paling bergejolak dan intens sepanjang hidupmu. Sebuah cakrawala membentang di hadapan kamu. Kamu akan belajar dan mencintai hal-hal yang menakutkan. Tidak semua hal yang kamu pelajari berasal dari buku. Hal terbaik yang bisa kamu pelajari adalah bagaimana hidup bersama dengan orang lain.

Saat kuliah, kamu akan menjalin persahabatan yang bertahan selamanya. Kemungkinan, kamu juga akan jatuh cinta secara dalam dan beberapa mahasiswa menjalin cinta yang putus-sambung. Kampus menghasilkan hal yang saya sebut sebagai keinginan yang menggelora untuk bersatu. Jadi perhatikan sekelilingmu saat pertama kuliah, karena dia bisa saja menjadi pasangan hidupmu di masa depan.

Saya mencintai mahasiswa. Bahkan faktanya, setiap tahun, saya berhubungan dengan banyak mahasiswa yang cerdas dan rasa ingin tahu yang besar. Mereka memperkaya hidup saya. Mereka menginspirasi saya sebagai orangtua karena saya berharap anak saya akan seperti mereka, sangat tegas, dinamis, dan teliti.

Kamu adalah kaum elite, tapi mohon jangan berperilaku elite. Sementara banyak orang yang seusiamu harus berjuang mencari kerja, kamu justru bisa menikmati waktu tiga atau empat tahun untuk tidak menghadapi kehidupan yang keras. Jadi nikmati hidupmu, tapi jangan lupa ada kewajiban untuk menyelesaikannya! Dan patut diingat bahwa orang yang sudah berinvestasi atas kamu berhak berharap mendapatkan timbal balik.

Pendidikan di universitas akan mendatangkan kekayaan yang tidak terhitung. Ini bukan melulu soal uang. Setelah lulus, beberapa dari kamu akan dibayar dengan gaji yang besar, sementara yang lain sebaliknya. Tapi intinya, pengalaman tidak hanya diukur dengan gaji. Kekayaan datang dalam berbagai bentuk. Seberapa besar pendapatan yang pada akhirnya kamu terima, suatu hari kamu akan memahami bahwa pendidikan tinggi merupakan tawar menawar terbaik di dunia.

Terakhir, ketika saya melihat mahasiswa berbicara dengan mahasiswa baru lainnya di kantin kampus, saya sangat menikmatinya. Tidak ada waktu yang lebih baik selain saat masa kuliah.

Dunia nyata akan tertahan sambil kamu menikmati masa keemasan. Nikmati hidupmu, tapi jangan merusaknya! Jangan pernah mengkhianati karunia yang telah kamu terima. Selamat kuliah!